Seberapa Penting Layanan Customer Support sebuah Bisnis ? Memilih suatu layanan pasti ada beberapa hal yang harus diperhatikan, selain dari outputnya, umumnya seseorang akan melihat dari pelayanana yang diberikan. Salah satunya dalam hal layanan customer support atau biasa kenal dengan customer service.

Layanan untuk membantu pelanggan ini sangat memengaruhi user experience layanan tersebut. Pengaruh CS sangat kuat untuk memberikan kepuasan kepada pelanggannya. Jadi bukan hanya output, support pelanggan juga diperhitungkan dalam memilih layanan.

Hari ini mari kita membahas pentingnya CS dalam sebuah layanan. Berikut penjelasannya

Customer Service

CS merupakan bagian penghubung antara customer dengan pusat layanan. Untuk mengetahui apa yang pelanggan butuhkan, pelanggan rasakan dan bahkan untuk membantu penyaluran informasi kepada pelanggan.

CS merupakan telinga dari pusat layanan sehingga jika ada kritik dan saran dari pelanggan, mereka bisa mengetahuinya, hal ini tentunya sangat penting untuk melakukan perbaikan dan inovasi layanan.

Di zaman sekarang layanan customer ini hadir dengan berbagai perantara, tidak hanya via telepon saja namun juga untuk muncul via chat maupun sosial media. Semakin meningkatnya teknologi, kemudahan yang didapatkan juga semakin meningkat.

Tugas Utama Customer Service

CS memiliki beberapa tugas utama dalam menjalankan pekerjaannya. Beberapa diantaranya adalah

Komunikator

Fungsi komunikator ini adalah sebagai media penghubung antara pelanggan dan layanan. Dimana tugasnya adalah penyaluran informasi untuk pelanggan, memberikan arahan kepada pelanggan dan menjawab jika ada pertanyaan pelayanan dari pelanggan.

Baca Artikel : Mau Tahu Ciri Ciri Desain Web Terbaik 

Disini CS memiliki fungsi dua arah, yaitu menyampaikan informasi dari layanan ke pelanggan dan dari pelanggan ke layanan. Sehingga pertukaran informasi bisa terjadi. Pertukaran informasi ini membuat layanan menjadi lebih update dengan keadaan di lapangan, misalnya megetahui kekurangan, keinginana pelanggan, layanan yang paling disukai dan lain sebagainya.

Sebagai komunikator hendaknya CS memiliki pelayanan yang prima kepada pelanggan dalam hal kecepatan membalas pesan dan juga kesesuaian informasi yang disampaikan, sehingga pelanggan bisa segera melakukan tindakan atau informasinya bisa membantu pelanggan Ketika sedang menghadapi kendala.

Salesman

Selain membantu menjawab kebutuhan dari pelanggan, CS juga sangat membantu dalam hal penjualan atau marketing. Dimana mereka bisa memberikan ajakan untuk menarik pelanggan agar pelanggan menggunakan produk/layanan tersebut.

Fungsi CS yang merangkap sebagai sales ini cukup memberikan pengaruh cukup besar dalam hal penjualan karena mereka langsung berhadapan dengan pelanggan.

Relation officer

Ini adalah tugas untuk menjaga hubungan baik antara pelanggan dengan pemilik layanan. Hal ini bertujuan untuk menghindari pelanggan berpindah ke layanan lain. Menjaga hubungan dengan pelanggan ini misalnya dengan memberikan aftersales, memberikan pelayanan maksimal dan juga menenangkan pelanggan Ketika terjadi masalah dengan layanan tersebut.

Deskman

Tugas selanjutnya adalah sebagai deskman dimana CS memberikan arahan kepada pelanggan sesuai dengan kebutuhannya dan menyiapkan apa yang dibutuhkan. Misalnya Ketika pelanggan meminta layanan maka CS bisa memberikan dan menyiapkan arahan untuk mengisi formulir atau mengikuti alur yang ada.

Peranan Customer Service dalam Berbagai Bidang

Salah satu bidang yang sangat membutuhkan CS adalah layanan hosting. Pelayanan pelanggan menjadi satu kriteria bahwa hosting tersebut memiliki kualitas yang baik.

Hosting terbaik di Indonesia pastinya akan menempatkan CS di garda depan, sebab layanan hosting ini sangat rentan dengan masalah server maupun pengaturan, oleh karena itu CS sangat memegang peranan penting sebagai agen penyalur informasi kepada pelanggan.

Bidang selanjutnya dimana peran CS cukup penting adalah bidang online shop. Seperti yang kita tahu dalam transaksi online shopping sering terjadi salah paham, pengajuan pertanyaan atau semua hal terkait transaksi jual beli.

Sehingga CS sangat berperan untuk menyalurkan informasi maupun membantu peningkatkan penjualan toko online agar pelanggan semakin tertarik.

Pengaruh Performa CS untuk Pelanggan

Beberapa pengaruh dari performa CS untuk pelanggan adalah sebagai berikut

Pengaruh  Profesionalisme Layanan

CS merupakan barisan yang langsung berhubungan dengan pelanggan sehingga mereka menjadi wakil layanan. Dari sini, penilaian pelanggan terhadap satu layanan bisa dinilai dari CS-nya.

Ketika CS memiliki performa yang maksimal maka pelanggan akan menilai bahwa layanan tersebut memerhatikan layanan pelanggan dengan baik. Begitu juga dengan sebaliknya.

Kepuasan Pelanggan

Performa CS juga memengaruhi kepuasan pelanggan, dimana jika CS memberikan informasi secara cepat, informatif dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan, otomatis mereka akan sangat merasa terbantu. Dengan begitu rasa puas pelanggan akan layanan tersebut akan muncul dengan sendirinya.

Hal ini memberikan pengaruh bagi pelanggan untuk terus menggunakan layanan yang sama atau tidak ingin beralih ke layanan yang lain.

Meningkatkan Penjualan

CS sebagai agen yang berhadapan langsung dengan pelanggan, pastinya memberikan opsi terbaik Ketika pelanggan membutuhkan sesuatu. Hal ini akan mengarahkan pelanggan untuk menggunakan layanan tsb.

Secara tidak langsung CS membantu meningkatkan penjualan layanan.

Kesimpulan

CS memiliki peran yang cukup penting untuk pelanggan maupun pemilik layanan dimana segala informasi yang masuk dan keluar tertampung dengan baik oleh CS. Sebagai perwakilan untuk layanan tentunya CS sangat dibutuhakan agar bisa memantau keadaan di lapangan atau pelanggan juga bisa mendapatkan informasi layanan dengan baik.

Sekian informasi mengenai pentingnya CS untuk layanan, semoga membantu Anda!